Dijamin Untung! 5 Tips Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

5 Tips Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan – Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis tentu saja membuat Anda lebih kreatif dan inovatif. Oleh sebab itu, jika Anda adalah pelaku bisnis, Anda harus mengembangkan strategi yang berbeda dari biasanya. Berikut ini adalah tips meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan.

1. Kenali siapa audiens dan influencer Anda

Sebagai contoh Anda adalah pemilik bisnis catering sehat di Jakarta. Setiap hari, Anda akan menyiapkan menu sehat yang berbeda. Namun yang jelas, banyak orang di Jakarta yang menjalankan bisnis katering sehat.

Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi siapa audiens yang akan memperkenalkan produk Anda.

Misalnya, salah satu target audiens Anda adalah ibu rumah tangga yang tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan berbuka puasa atau sahur.

Kemudian, untuk mempromosikan produk yang dijual, berkolaborasi dengan influencer terkait kesehatan atau gaya hidup, mungkin blog makanan. Biasanya khalayak bisa mengetahui produk tersebut berkat influencer di media sosial.

2. Berikan Nuansa Ramadan pada produk Anda

Saat ingin memaksimalkan peluang bisnis di bulan suci ini, ciptakan suasana Ramadhan dalam bisnis Anda. Anda dapat membungkus produk dengan warna hijau. Misalnya untuk tempat memasak, Anda bisa mendesain tempat makanan hijau atau menghiasnya dengan nuansa Ramadhan.

Begitu pula di media sosial, Anda bisa mendesain gambar bernuansa Ramadhan agar profil Instagram bisnis Anda terlihat lebih unik dan meriah.

Dengan menerapkan tips promosi Ramadhan ini, tentunya Anda bisa menciptakan interaksi yang lebih menarik dengan pelanggan Anda!

3. Manfaatkan Semua Channel Pemasaran

Cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menjual produk tidak hanya di satu channel atau di media sosial. Manfaatkan semua media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, YouTube, Twitter, dll. Jika brand serta produk Anda dikenal luas, maka Anda juga dapat menggunakan blog untuk menarik lebih banyak orang.

4. Pilih waktu yang tepat untuk promosi

Saat Anda ingin meningkatkan penjualan produk, pilihlah waktu yang tepat untuk mempromosikannya. Waktu yang tepat ketika bulan Ramadhan yaitu saat sahur, istirahat siang, dan menjelang maghrib. Pada waktu tersebut, banyak yang menggunakan akses internetnya. Sehingga kecenderungan orang melihat produk yang Anda promosikan lebih tinggi.

5. Tambahkan Jam Operasional

Jumlah pesanan akan meningkkat disaat Ramadhan, Karena itu, jika penjual menambah jam operasionalnya, itu bagus. Hal ini dapat meningkatkan omzet penjualan karena konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Banyak supermarket di Indonesia telah mengadopsi pendekatan ini. Misalnya, saat toko tutup pukul 21.00 WIB pada bulan biasa. Kemudian, saat Ramadhan tiba, penjual akan memberikan tambahan jam kerja, seperti menutup pintu hingga pukul 23.00 WIB.

Jika Anda membutuhkan pendanaan yang cepat dan mudah, manfaatkan Kontanku, platform keuangan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

***

Roberto/Unsplash