Ingin Tetap Sehat Selama Berpuasa? Berikut 5 Tipsnya

5 tips menjaga kesehatan saat puasa – Umat Islam diwajibkan berpuasa selama bulan Ramadhan. Menurut sebuah penelitian, puasa memiliki efek yang baik terhadap kesehatan. Namun karena asupan makanan yang berkurang, kebanyakan orang mengurangi kegiatan fisik, sehingga berat badan bisa dengan mudah bertambah dan efek lainnya membuat badan lemas.

Jadi apa saja yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat selama berpuasa?

1. Pentingnya konsumsi sahur dan jenis makanansaat berbuka

Tubuh membutuhkan energi saat beraktivitas, maka konsumsi sahur sangatlah penting. Perhatikan pula menunya, seperti sayuran, buah, karbohidrat dan makanan kaya protein seperti produk susu ataupun telur.

Saat berbuka, kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan cenderung pedas. Hindari juga makanan/minuman yang terlalu manis, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menambah berat badan.

2. Cukupi kebutuhan air putih

Minumlah banyak air putih, namun jangan air manis, karena air putih memiliki banyak manfaat. Anda dapat menerapkan cara-cara berikut: minum 1 gelas air setelah bangun sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas saat buka puasa, 1 gelas setelah sholat magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah Tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

3. Jika perlu konsumsi multivitamin

Untuk Anda yang tetap sibuk dengan keseharian pekerjaan selama bulan puasa, jangan abaikan mengkonsumsi vitamin, khususnya vitamin C dan zinc. Vitamin C dapat menjaga kekebalan tubuh dan zinc membantu sistem imun melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

4. Aktivitas fisik ringan

Bulan Ramadhan tidak menghalangi semangat Anda untuk berolahraga, itu sangat bagus. Lakukan beberapa latihan kecil di pagi hari atau setidaknya 15 menit sebelum berangkat kerja dan juga sebelum berbuka puasa.

5. Cukup Istirahat

Jika sudah waktunya istirahat maka beristirahatlah, karena dibulan ramadhan istirahat siang sangat dinanti, dengan meluangkan dan memanfaatkan waktu beristirahat disaat kesibukan membuat tubuh tidak cepat lemas. Jika bisa, usahakan Anda tetap berada di ruang yang sejuk dan teduh, dan juga menghindari matahari langsung.

***