P2P Lending Kontanku Mendukung Program Ketahanan Pangan

Presentasi Tim Kontanku Mengenai pendanaan Petani Jagung

Kontanku.id penyedia jasa Peer to Peer lending (P2P lending) bagian dari PAM Group, menjalin kerja sama dengan PT. Sinar Kalbar Raya untuk pembiayaan petani jagung di beberapa Desa di wilayah Kalimantan Barat, diantaranya Desa Emberas, Desa Cempedak, dan Desa Bulu Bala. Para petani jagung akan mendapatkan bantuan pinjaman secara elektronik yang dananya dapat digunakan untuk mengolah lahan konsesi PT. Sinar Kalbar Raya.

Sebagai penjelasan sekilas, PT. Sinar Kalbar Raya berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat, memiliki lahan seluas 38.000 Ha, yang nantinya akan dilakukan penanaman jagung seluas 20% atau sekitar 7400 Ha oleh para petani anggota koperasi. PT. Sinar Kalbar Raya menaungi koperasi untuk menjalankan tugasnya membantu petani dalam mengelola kegiatan usahanya. 

Untuk mendukung kelancaran operasional, PT. Sinar Kalbar Raya menjalin kerjasama dengan Kontanku, dan juga dibantu oleh beberapa koperasi yang merupakan binaan PT. Sinar Kalbar Raya.

Kerjasama ini melibatkan beberapa pihak, seperti PT. Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO), 5 koperasi yaitu Koperasi Produsen Harapan Mungguk Dian, Koperasi Produsen Harapan Mentari Jaya, Koperasi Produsen Bokat Tuah Jubata, Koperasi Gambir Mungguk Entiling, Koperasi Produsen Harapan Mentari Jaya, dan  PT. Sahabat Tani Kalbar sebagai penyedia kebutuhan usaha pertanian.

Direktur utama Kontanku, Trisno Susanto mengungkapkan bahwa “kerja sama P2P Lending ini adalah perwujudan dari program ketahanan pangan nasional, khususnya industri jagung”. Usaha penanaman jagung ini pun mendukung pelaksanaan program penanaman 1 juta Ha jagung di Indonesia, yang merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia. 

Bantuan pinjaman untuk usaha petani jagung di wilayah Kalimantan Barat nantinya akan disalurkan oleh Kontanku secara elektronik yang bekerjasama dengan beberapa Koperasi.

Skema kerjasama P2P Lending ini mengubah cara lama dalam penyediaan pembiayaan. Platform pinjaman P2P Lending yang dijalankan Kontanku dapat menghubungkan petani sebagai peminjam di desa dengan pemberi pinjaman yang berada di kota besar yang bisa memastikan akan lebih banyak petani dan pemilik usaha mikro kecil menengah di Indonesia yang memiliki akses ke pembiayaan di masa depan.

Kerjasama pemberian pinjaman direncanakan berlangsung selama 2 tahun, sejak bulan Oktober 2020 sampai dengan Oktober 2022, namun jangka waktu tersebut dapat diperpanjang atas kesepakatan bersama.

***

Kontak 

Tim Marketing Kontanku | marketing@kontanku.id