Mana yang Lebih Cuan, Cash atau Cashless?

Di zaman yang serba digital, penggunaan uang sudah mulai bergeser atau cashless. Nah kalau kamu pilih yang mana, teman Kontanku?

Keuntungan pembayaran dengan Cash:

Pembayaran dengan uang tunai dikatakan lunas saat itu juga karena kamu sudah melakukan transaksi dengan uang tunai. Sehingga tidak ada tanggungan pembayaran di kemudian hari.

Membatasi diri
Dengan adanya uang tunai, maka mau tidak mau kamu juga kan membelanjakannya sesuai dengan jumlah uang yang ada di dompetmu. Hal ini menjadi poin agar kamu bisa menahan diri dari godaan promo-promo apabila menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Kelemahan:

Tidak praktis.
Membawa uang tunai mengharuskan kamu untuk meyediakan dompet lebih besar. apalagi saat pecahan uang mu banyak. Biasanya hal ini berakibat pada sering terpakainya uang tanpa terkontrol, tersepi atau lupa dengan jumlah yang seharusnya dimiliki.

RawanKejahatan.
Sudah tidak asing bahwa banyak terjadi pencopetan ataupun perampokan yang mana mengincar isi dompet kita. Nah, seharusnya kita bawa uang seperlunya saja ya, Teman.

Keuntungan Cashless:

Praktis dan lebih cepat.
Kalau kamu menggunakaan debit atau credit card, tidak perlu dompet yang besar untuk bepergian. Selain itu, pembayaran dengan dompet digital prosesnya lebih cepat biasanya hanya dengan sekali klik atau memasukkan kode pin rahasia mu. Berbeda dengan uang tunai dimana kita harus take time untuk menghitung jumlahnya.

Aman dan Transparan
Pembayaran akan terekam dalam sistem transaksi. Sehingga kamu bisa memerikas ulang belanjaanmu sebelumnya.

Kekurangan:

Tergiur Promo
Biasanya, pembayaran tertenu dengan metode cahsless mendapartkan promo tertentu ataupun cashback. Hal ini berakibat kita sering tergiur untuk membeli barang tersebut tanpa memikirkan urgency nya.

Menimbulkan hutang
Pembayaran dengan sistem “paylater” akan menimbulkan hutang di kemudian hari. Dimana masih ada tanggungan pembayaran yang harus diselesaikan di kemudian hari. Apalagi jika kamu menggunakan sistem cicilan. Itu berarti kamu mempunyai kewajiban lagi di setiap bulannya.

Kesimpulan:
Cash atau Cashless adalah bergantung pada kamu yang cermat dalam mengatur keuangan ya.

Photo by Naipo

***