Begini Tips Mengatur THR Agar Tidak Boncos

Saat mengatur Tunjangan Hari Raya (THR), salah satu tantangan yang paling sulit adalah mengalokasikan uang untuk memaksimalkan manfaat. THR seharusnya tidak hanya menguap begitu saja, tetapi juga dapat digunakan untuk tabungan atau investasi. Berikut ini tips mengelola THR agar bermanfaat.

Membayar Hutang

Prioritaskan dana THR untuk melunasi hutang. Tuliskan semua hutang, mulai dari hutang PayLater, pinjaman online, kartu kredit hingga pinjaman uang dari kerabat dan teman. Kemudian, susunlah sejumlah besar hutang prioritas yang harus dilunasi dengan uang THR. Idealnya, 30% hingga 50% dana THR digunakan untuk membayar hutang. Semoga kedepannya bisa lebih bijak berutang. Mengurangi hutang yang dapat dikeluarkan dan menghentikan hutang, kecuali untuk kebutuhan darurat atau produktif.

Tahan Hasrat Belanja Online

E-Commerce biasanya menawarkan potongan harga dan promo spesial saat momen Idul Fitri. Tak bisa dipungkiri, orang akan semakin ingin belanja saat menggunakan tunjangan Hari Raya, bahkan terkadang ada barang yang tetap dibeli karena sekedar ingin dan belum tentu dibutuhkan.

Yang terbaik adalah segera mengalokasikan jumlah yang akan digunakan untuk membeli pakaian atau barang baru yang benar-benar Anda butuhkan.

Baca juga: Ide Bisnis Bulan Ramadhan

Penanaman Modal

Untuk memiliki keuangan yang sehat, Anda dapat menanamkan modal. Sadarilah pentingnya menanamkan modal dalam membantu Anda mencapai tujuan keuangan masa depan. Siapkan 10% – 20% THR untuk menanamkan modal. Pilih jenis penanaman modal yang sesuai dengan profil risiko dan pengetahuan keuangan Anda.

Misalnya, jika Anda memahami saham dan risikonya, Anda bisa membeli saham ataupun Peer to Peer Lending. Kontanku menyediakan fitur pendana dengan potensi keuntungan hingga 18% per tahun. Untuk lebih jelasnya, klik di sini

Namun, jika belum memiliki pengetahuan investasi, Anda hanya perlu memilih produk berisiko rendah, seperti reksa dana pasar uang atau deposito.

Sedekah dan Zakat

Zakat adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh umat Islam, dan 2.5% dari THR harus dialokasikan untuk membayar Zakat, apalagi untuk bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk Zakat Fitrah.

***

Unsplash/Michael Longmire