Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Begini Penjelasannya

Kemajuan teknologi membuka era baru dalam sebuah perusahaan dan aktivitas pinjam-meminjam sampai juga aktivitas investasi. Ya, kini banyak sekali start-up atau perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi terbaru untuk memudahkan hidup manusia, salah satunya untuk melakukan pinjaman dan investasi. Salah satu start-up tersebut dikenal dengan finansial teknologi (fintek).

Apa Itu Peer to Peer Lending?

Apa itu Peer to peer lending atau familiar disingkat sebagai P2P adalah perusahaan yang mempertemukan langsung antara investor/pendana dengan peminjam tanpa perantara. Melalui teknologi dan sejumlah sistem yang dimiliki oleh P2P, antara pendana dan peminjam tidak perlu bertemu tatap mata langsung. Mereka akan dialihkan melalui sebuah sistem seperti aplikasi atau website sehingga lebih efisien dari segi waktu.

Bagaimana Cara Kerja Peer to Peer Lending?

Cara kerja P2P Lending terbagi menjadi dua, yaitu cara kerja untuk peminjam dan untuk investor. Secara umum baik peminjam dan investor tinggal mendaftarkan diri di aplikasi atau website lalu mengajukan pinjaman atau melakukan investasi.

Karena Kontanku sudah diawasi oleh OJK, maka melakukan pendanaan pada Kontanku adalah investasi yang aman. Suku bunga pinjamannya pun cukup menguntungkan karena nilai yang relatif signifikan. Di Kontanku, setiap orang yang melakukan investasi bisa mendapatkan keuntungan hingga 18%-21% per tahun.

***